10 VUB Balitbangtan Hadir di Wilayah Kecamatan Sukamakmur Kab. Aceh Besar

Puslitbang Tanaman Pangan bekerjasama dengan BPTP Aceh, melaksanakan kegiatan RPIK Padi Aceh di Desa Luthu Lamweu, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Aceh Besar, Aceh pada tahun 2021. Dalam kegiatan tersebut, peneliti Balitbangtan melakukan perbenihan dan display 10 VUB Balitbangtan di lahan kelompok tani Al Falah.

Dalam kegiatan tersebut, beberapa varietas yang diperkenalkan yaitu Inpago 8, Ciherang, Inpari 32, Inpari 42, Inpari 46, Inpari 47, Inpari 48, Pajajaran, Mantap, Logawa, dan Inpari IR Nutri Zinc. Varietas tersebut dipilih sesuai dengan preferensi petani dan kesesuaian lahan di lokasi kegiatan. Selain teknologi VUB padi, diperkenalkan juga teknologi budidaya padi Jarwo 2:1 ke para petani di kelompok tersebut

Melalui kegiatan ini, petani diharapkan dapat lebih mengenal karakteristik dan pertumbuhan VUB padi yang telah dihasilkan Balitbangtan serta dapat meningkatkan produksi padi melalui penerapan teknologi Jarwo 2:1 . "Selain itu, melalui kegiatan ini para petani diajarkan untuk melakukan kegiatan perbenihan, sehingga ada nilai tambah yang dapat diperoleh petani pada saat panen", ujar Rizky Prayogo R, penanggungjawab kegiatan tersebut.

Untuk memastikan keberhasilan kegiatan tersebut, BPTP Aceh melakukan pendampingan secara intensif agar petani dapat berhasil melaksanakan kegiatan tersebut. "Pada dasarnya kami dari BPTP Aceh akan melakukan pendampingan sesuai teknologi inovasi yang telah dihasilkan dan teknologi produksi benih padi. Selain itu, pendampingan tersebut bertujuan agar dapat dilakukan penanganan dengan segera jika ada serangan hama dan penyakit", tutur M. Ramlan, SP, Sub Koordinator Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian BPTP Aceh.

Gapoktan Al Falah dan petani sangat bersemangat melaksanalan program tersebut dan sangat antusias mengenal berbagai VUB Balitbangtan yang diperkenalkan pada pertanaman MT II 2021. "Program ini sangat membantu para petani di Desa Luthu Lamweu, Sukamakmur karena terdapat varietas-varietas baru yang baru kami kenal", ujar Samsi ketua Gapoktan Al Falah, Sukamakmur.

Tanam Perdana kegiatan display 10 VUB Balitbangtan tersebut telah dilaksanakan pada Senin (28/6) dengan dihadiri oleh PPL BPP Sukamakmur, Sekretaris Desa Luthu Lamweu, Peneliti Puslitbangtan dan Peneliti BPTP Aceh. (RPR/NRP)

Berita Terkait

//

Belum Ada Komentar

Isi Komentar