Kunjungan Kerja Kapuslitbantan Menghadap Wamen di Gedung A Kementan

Pembangunan pertanian dalam periode 2020-2024 diarahkan pada upaya percepatan dan pemantapan swasembada pangan, peningkatan nilai tambah dan daya saing produksi pertanian, pengembangan bioindustri dan bioenergi, serta peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani. Litbang tanaman pangan tak bisa dipungkiri merupakan bagian integral dari program Badan Litbang Kementerian Pertanian dalam mewujudkan empat arah pembangunan di bidang pertanian tersebut di atas.

Terkait hal itu, di sela-sela kesibukannya Kapuslitbangtan Dr Ir Priatna Sasmita melakukan kunjungan kerja bertemu dengan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi di Gedung A Kantor Pusat Kementan, Senin (07/06/2021). Pada kesempatan tersebut, Kapuslitbangtan menyampaikan apa yang menjadi tugas dan fungsi dari lembaga penelitian tertua yang terletak di jalan Merdeka 147 ini. Dikemukakan olehnya bahwa sesuai dengan Permentan No.43/Permentan/OT.010/8/2015 lembaga ini memiliki tugas di antaranya menyusun kebijakan teknis, rencana dan program penelitian, pengembangan dan inovasi litbang tanaman pangan serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan kegiatan termasuk juga fungsi mengelola urusan tata usaha.

Di sisi lain, ia juga menambahkan bahwa dalam menjalankan tugasnya Puslitbangtan fokus pada lima strategi. Mulai dari fokus pada penciptaan inovasi teknologi benih unggul dan rumusan kebijakan, perluasan jejaring kerja sama nasional maupun internasional, peningkatan kuantitas - kualitas dan kapabilitas sumber daya penelitian, mendorong inovasi teknologi mengarah pada pengakuan dan perlindungan HaKI (Hak Kekayaan Intelektual) secara nasional dan internasional serta penerapan manajemen penelitian dan pengembangan yang akuntabel (good government).

Menyikapi penjelasan tersebut, Wakil Menteri Pertanian memberikan tiga poin yang perlu menjadi perhatian bagi Puslitbangtan. Yang pertama, ia berharap agar dapat bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Kemudian, ia juga memberi arahan agar dalam mengerjakan tugas dilakukan dengan kemampuan yang terbaik. Adapun poin terakhir yang disampaikan olehnya yaitu agar tugas yang diemban selama ini didedikasikan tidak lain hanya untuk NKRI.
Dalam pertemuan dengan Wakil Menteri Pertanian ini, Kapuslitbangtan juga didampingi oleh Kabag TU, Koordinator Bidang Program dan Evaluasi serta Koordinator Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian.

Berita Terkait

//

Belum Ada Komentar

Isi Komentar