Jelang GITA 2021, Kapuslitbangtan Tinjau IP2TP Muneng

Jelang pelaksanaan event “Gelar Inovasi Teknologi Akabi 2021” atau lebih akrab dengan sebutan GITA 2021 yang akan digelar pada 23-24 Juni 2021, Kepala Puslitbangtan Dr Ir Priatna Sasmita MSi berkunjung ke IP2TP Muneng, Probolinggo yang merupakan lokasi acara tersebut, Jumat (04/06/2021). Selain melakukan briefing dengan tim Balitkabi untuk mendengar secara langsung progress persiapan acara, ia juga melihat kondisi pertanaman di lapangan bersama Kepala Balitkabi Dr Titik Sundari dan tim KSPHP Puslitbangtan.

Dalam kunjungan itu, dijelaskan bahwa GITA 2021 akan dihelat selama dua hari dengan konsep “hulu–hilir” dan diisi juga dengan berbagai agenda acara yang akan ikut memeriahkan event ini. Oleh karenanya, komoditas yang ditampilkan dalam perhelatan ini merupakan hasil penelitian Balitkabi yang selama ini telah memiliki offtaker mendukung hilirisasi produk Balitbangtan ke dunia industri maupun tujuan ekspor. Beberapa komoditas tersebut antara lain kacang tanah varietas Litbang Garuda 5 yang telah digunakan PT Garuda Food, varietas kedelai Detam 1 sebagai bahan baku industry kecap, varietas Ubi jalar Beta 2 sebagai komoditas ekspor, dan varietas kacang hijau Vima 3 yang telah dilisensi CV Semi. Meski demikian, keragaan aneka akabi potensial dan penelitian akabi juga ikut jadi bagian event ini.

Sementara itu, acara pendukung lainnya yang diagendakan di antaranya penyerahan bantuan benih kepada penangkar milenial, penyerahan benih kedelai kegiatan PRN oleh Kabadan Litbang kepada Kemenristek/BRIN, gelar produk olahan akabi memperkuat imun, ekspor ubijalar oleh mitra swasta, penandatangan MoU, dan bimtek olahan porang oleh mitra UMKM.

Kapuslitbangtan Dr. Priatna Sasmita menyambut baik dan mendukung rencana pelaksanaan GITA 2021. Ia menaruh perhatian pada penguatan konsep hilirisasi termasuk teknologi mana yang menjadi pemicu peningkatan produktivitas. Menurutnya, konsep diseminasi dan hilirisasi menjadi penting bagi kita. Perlu memastikan ketersediaan dan kesiapan teknologi yang ada. Tidak hanya konsep perakitan varietas saja. Ditambahkan lagi olehnya, untuk event ini perlu diperhatikan media komunikasi apa yang cukup efektif untuk menyampaikan konsep acara sehingga informasi yang disajikan lebih mudah dipahami pengunjung.

GITA 2021 rencananya juga akan dihadiri oleh Menteri Pertanian sekaligus menjadi momen peresmian IP2TP Muneng. (HRY)

Berita Terkait

//

Belum Ada Komentar

Isi Komentar