IR Nutri Zinc, Pulen Kaya Nutrisi dan Cocok di Lahan Rawa

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) tahun 2020 mengenalkan Inpari IR Nutri Zinc. Varietas padi tersebut diintroduksi di kawasan Food Estate Kalimantan Tengah yang merupakan daerah lahan rawa.

Menurut Karyadi, SP, Kepala BPP Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, varietas Inpari IR Nutri Zinc mampu mencuri perhatian petani setempat, pasalnya varietas ini memiliki daya tumbuh yang baik di lahan rawa.

“Varietas ini banyak disukai petani di Bataguh karena memiliki beberapa kelebihan seperti anakannya banyak, agak tahan terhadap penyakit serta tahan genangan. Lebih dari itu, varietas ini juga tekstur nasinya pulen karena memiliki kadar amilosa 16,6 persen serta kaya akan kandungan Zn 34,5i ppm,” paparnya.

Selanjutnya Wahyu, salah seorang petani yang terletak di Rei 18 di Kecamatan Bataguh yang turut menanam Inpari IR Nutri Zinc juga mengatakan bahwa pertanamannya tumbuh dengan baik dan hasilnya akan dijadikan benih kembali.

“Saya senang sekali melihat pertumbuhan Inpari IR Nutri Zinc, mudah-mudahan saat panen hasilnya memuaskan dan dapat menjadi benih yang baik,” kata Wahyu.

Berdasarkan hasil pengamatan di lapang oleh tim peneliti Balitbangtan, beberapa lokasi pertanaman Inpari IR Nutri Zinc mulai memasuki masa panen di akhir Februari sampai dengan Maret 2021.   

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) Dr. Priatna Sasmita juga menjelaskan bahwa Inpari IR Nutri Zinc merupakan salah satu varietas yang diintroduksikan di lokasi Food Estate. Ia juga mengatakan bahwa hasilnya nanti akan digunakan sebagai benih oleh para petani di musim tanam selanjutnya.

“Sejak diintroduksikan sudah banyak petani yang tertarik melihat pertanaman varietas Inpari IR Nutri Zinc ini, karena banyak yang menyukai hasil panen perdana ini agar dijadikan benih kembali untuk musim tanam selanjutnya,” ujar Priatna.

Lebih lanjut Priatna juga mengatakan bahwa tujuan awal dari mengintroduksikan varietas Inpari IR Nutri Zinc ini hasilnya untuk meningkatkan meningkatkan daya tahan tubuh para petani dan keluarganya di kawasan tersebut.

“Karena varietas Inpari IR Nutri Zinc ini adalah salah satu varietas yang nutrisinya tinggi, yang manfaatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta berbagai fungsi lainnya yang terkait kesehatan tubuh,” tutupnya.

Inpari IR Nutri Zinc dilepas secara resmi berdasarkan keputusan Menteri Pertanian nomor 168 tahun 2019. Beras tersebutmemiliki kandungan Zn sebesar 34,51 ppm sementara varietas lain seperti Ciherang memiliki kandungan 24,06 ppm. Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki varietas ini adalah produktivitas tinggi, tahan WBC, blas, dan tungro serta tekstur nasi yang pulen. (RPR/HRY/Uje)

Berita Terkait

//

Belum Ada Komentar

Isi Komentar