Varietas Baru Padi Gogo Kaya Kandungan Zinc

Zinc merupakan salah satu mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh manusia. Zinc dapat membantu penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuh sel, dan berperan penting pada tumbuh kembang anak. 

Kebutuhan zinc pada tubuh setiap orang sangat berbeda-beda tergantung jenis kelamin dan usia. Untuk pemenuhan zinc dalam tubuh berkisar 3-11 miligram per hari. Zinc dapat diperoleh dari mengkonsumsi daging sapi, daging ayam, dan biji-bijian. Biji-bijian yang banyak mengandung zinc terdapat pada quinoa dan beras. 

Pada tahun 2019 Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) telah melepas varietas Inpari IR Nutri Zinc yang merupakan varietas padi sawah yang kaya kandungan zinc. Namun, para peneliti BB Padi terus mengembangkan penelitian dengan melakukan perakitan varietas baru kaya kandungan zinc yang cocok untuk lahan kering. Padi akhir tahun 2020 BB padi berhasil melepas varietas baru mengandung zinc tinggi pada lahan kering yang dinamakan Inpago 13 Fortiz.

Inpago 13 Fortiz merupakan hasil persilangan dari padi lokal Indonesia dengan padi unggul. Inpago 13 Fortiz adalah varietas padi gogo yang mempunyai kandungan zinc sebesar 34 ppm pada beras pecah kulit. Kandungan protein varietas Inpago 13 Fortiz sebesar 9.83 %. Varietas ini memiliki rata-rata hasil GKG 6.53 t/ha dan memiliki potensi hasil 8.11 t/ha. 

Keunggulan Inpago 13 Fortiz adalah tahan-agak tahan terhadap delapan ras utama penyakit blas di lahan gogo, agak tahan terhadap hama wereng coklat, agak toleran keracunan alumunium 40 ppm, dan agak toleran kekeringan.

Kandungan zinc Inpago 13 Fortiz tidak hanya tinggi akan kandungan zinc tapi juga mengandung protein yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan zinc pada beras bermanfaat untuk mencegah kekerdilan (stunting) pada anak-anak. 

Inpago 13 Fortiz adaptif pada lahan kering dan dapat dibudidayakan pada lahan sawah tadah hujan. Varietas ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas padi di lahan kering dan dengan mengkonsumsi beras ini dapat memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh. @fzp

Informasi terkait:
https://bbpadi.litbang.pertanian.go.id/index.php/info-berita/info-teknologi/inpago-13-fortiz-beras-kaya-zinc#:~:text=Inpago%2013%20Fortiz%2C%20merupakan%20varietas,lokal%20Indonesia%20dengan%20padi%20unggul.

Berita Terkait

//

Belum Ada Komentar

Isi Komentar