Home » Sumber Daya

Sumber Daya Penelitian

Keberhasilan Puslitbang Tanaman Pangan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sangat ditentukan oleh sumber daya manusia (SDM), dana sarana penelitian. Berbagai upaya pembinaan telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan SDM, baik melalui pelatihan jangka pendek, jangka panjang, maupun melalui pertemuan ilmiah di dalam dan luar negeri.

Sampai akhir bulan Desember 2016, SDM di lingkup Puslitbang Tanaman Pangan berjumlah 768 orang, 63 orang di antaranya berkualitas S3, 100 orang berlatar pendidikan S2, dan 174 orang berpendidikan S1. Sebagai lembaga penelitian yang telah banyak menghasilkan inovasi teknologi, Puslitbang Tanaman Pangan kini memiliki 209 pejabat fungsional peneliti dari berbagai disiplin ilmu.

Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penelitian, Puslitbang Tanaman Pangan memiliki berbagai sarana penelitian di unit-unit kerjanya. Sarana penelitian berupa laboratorium dilengkapi secara bertahap. BB Padi memiliki laboratorium analisis proksimat, mutu beras, mutu benih, hama dan penyakit, tanah, dan tanaman.

Beberapa dari laboratorium yang ada telah mendapat pengakuan dari Kantor Akreditasi Nasional (KAN). Balitkabi mempunyai laboratorium untuk analisis tanah dan tanaman, kimia pangan, dan mutu benih. Sementara Balitsereal memiliki laboratorium untuk analisis tanah, hama dan penyakit tanaman, molekuler, dan pengujian.

Anggaran penelitian terutama berasal dari APBN, di samping dana kerja sama dengan lembaga penelitian lainnya, swasta, Pemda, dan institutsi lainnya.

Jumlah tenaga kerja di lingkup Puslitbang Tanaman Pangan, 2016