Home » Deskripsi Varietas Unggul Tanaman Pangan 2009-2014

Kebutuhan pangan yang terus meningkat sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk
harus dipenuhi dari produksi dalam negeri. Di sisi lain, masalah yang dihadapi dalam berproduksi makin berat dan kompleks.

Masih rendahnya produktivitas, hama dan penyakit tanaman yang terus berkembang, bencana kekeringan akibat kemarau panjang, tingginya curah hujan dan naiknya permukaan air laut yang menyebabkan pertanaman terendam air dan mengalami salinitas, terutama di kawasan pesisir, adalah sebagian dari masalah yang mengancam produksi padi dan palawija.

Sebagian dari masalah tersebut dapat diatasi dengan penggunaan varietas unggul yang berdaya hasil tinggi, tahan terhadap hama dan penyakit, dan toleran terhadap masalah abiotik.

Melalui penelitian secara berkesinambungan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan beserta jajarannya terus berupaya merakit varietas unggul padi dan palawija berdaya hasil tinggi, tahan terhadap hama penyakit utama, dan toleran terhadap kondisi lingkungan tertentu.

Buku ini berisikan deskripsi varietas unggul padi, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, dan ubi jalar yang dilepas. Varietas-varietas unggul yang sudah dilepas ini diharapkan segera meluas pengembangannya di lahan petani.

Silahkan download pada link di bawah ini: