Home » Hasil Pengukuran IKM Puslitbangtan

Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) merupakan tolak ukur penilaian tingkat kualitas pelayanan yang telah ditentukan oleh Kementerian Negara Pendayagunaan dan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi, dan Badan Pusat Statistik. Kuesioner IKM disebarkan kepada mitra kerja, petani dan stakeholders yang terkait dengan UPT, serta menjaring tanggapan mereka sebagai penilaian terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh UPT lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Hasil penjaringan tersebut dikompilasi oleh Sekretariat Badan Litbang Pertanian untuk direkapitulasi sebagai IKM di lingkungan Badan Litbang Pertanian.

Dasar Hukum IKM
a. Peraturan Menteri Pertanian Nomor 78/Permentan/OT.140/8/2013 tentang Pedoman Pengukuran Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) di Lingkungan Kementerian Pertanian.
b. Surat Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Nomor 1250/OT.050/A2/6/2013 tanggal 11 Juni 2013 perihal laporan hasil survey IKM pada Unit Kerja Pelayanan Publik lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2013, di mana setiap Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) berkewajiban melakukan pengukuran Indek Kepuasan Masyarakat.
c. Surat Sekretaris Badan Litbang Pertanian Nomor 3048/OT.050/I.1/6/2013 tanggal 28 Juni 2013 perihal Hasil Survey Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Tahun 2013, di mana Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) lingkup Badan Litbang Pertanian harus melakukan pengumpulan dan pengukuran Indek Kepuasan Masyarakat.

Tujuan pengukuran IKM
Mengetahui mutu kinerja pelayanan unit kerja pelayanan publik secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan publik. Bagai masyarakat, IKM dapat digunakan sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan UK yang bersangkutan.
 
Penilaian IKM Puslitbangtan:
 
1. Penilaian IKM Semester II 2013
 

2. Penilaian IKM Semester I 2014

3. Penilaian IKM Semester II 2014

4. Penilaian IKM Semester I 2015

5. Penilaian IKM Semester II 2015