Home » SDM

Nama : Prof. Dr. Ir. Zulkifli Zaini, MS
NIP : 195201131979031001
Unit Kerja : Puslitbang Tanaman Pangan
Pendidikan : S3
Jabatan : Peneliti Senior KELTI-ANJAK
Bidang : Budidaya Tanaman
Email : zulkiflizaini@yahoo.co.id, z.zaini@irri.org
Komoditas : Padi

Zulkifli Zaini dilahirkan di Bukittinggi, Sumatera Barat, pada tanggal 13 Januari 1952. Pada tahun 1977 Ia menyelesaikan gelar sarjana pertanian, Jurusan Agronomi, Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang; Tahun 1980 – Magister Sains (MS) dalam bidang Budidaya Tanaman dari Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor dan 1984 - Doktor dalam bidang Fisiologi Tanaman dari Department of Biological Sciences University of The Phillippines, Los Banos.

Sebagai Peneliti Utama di Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan dengan bidang penelitian budidaya tanaman pangan telah memperoleh Gelar Profesor Riset pada tanggal 2 April 2008 dengan judul orasi : Memacu Peningkatan Produksi Padi Sawah melalui Inovasi Teknologi Budidaya Spesifik Lokasi dalam Era Revolusi Hijau Lestari. Ia merupakan profesor riset dengan urutan ke-28 di Badan Litbang dan urutan ke-142 di tingkat nasional.

Sebagai peneliti Zulkifli Zaini telah dihasilkan sebanyak 83 (delapan puluh tiga) buah karya tulis ilmiah yang ditulis sendiri maupun dengan penulis lain dalam bentuk makalah dalam majalah, jurnal, dan prosiding yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia dan 57 (lima puluh tujuh) diantaranya dalam bahasa Inggris.

Disamping kegiatan sebagai peneliti ia juga aktif bekerjasama dengan perguruan tinggi sebagai Tenaga pengajar pada Universitas Andalas Padang; Pembimbing skripsi pada Universitas Muhammad Yamin, Solok, pembimbing tesis (S2) pada Universitas Sumatera Utara, dan Institut Pertanian Bogor, serta penguji disertasi (S3) pada Institut Pertanian Bogor. Ia juga aktif pada organisasi profesi seperti Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia; Perhimpunan Agronomi Indonesia.

Zulkifli Zaini, Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Jl. Merdeka No. 47 Bogor 161111 Telp. 0251-8334089, Faksimile 0251-8321755 zulkiflizaini@yahoo.co.id; z.zaini@irri.org,