Home » SDM

Nama : Prof. (R) Dr. Ir. I Nyoman Widiarta, M.Agr.
NIP : 195807051983031004
Unit Kerja : Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan
Pendidikan : S3
Jabatan : Peneliti Utama
Bidang : Hama dan Penyakit Tanaman
Email : manwidiarta@litbang.pertanian.go.id
Komoditas : padi

Dr. Ir. I Nyoman Widiarta, M.Agr. mendapat gelar sarjana pertanian (jurusan ilmu hama dan penyakit tumbuhan) dari Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor pada tahun 1982. Pendidikan S2 ditempuh di Graduate School of Agriculture Okayama University, Jepang (Div. of Agronomy: Insect Pest Ecology and Pest Management) tahun 1998 dan selesai tahun 1990 dengan gelar M.Agr., kemudian dilanjutkan dengan pendidikan doktoral (Ph.D) di The Graduate School of Natural Science and Technology pada universitas yang sama (Dept. of Management of Biological Production: Integrated Insect Pest Management) dan diselesaikan tahun 1993.

Yang bersangkutan sekarang ini menjabat sebagai Kepala Bidang Program dan Evaluasi pada Puslitbang Tanaman Pangan. Sebelum menduduki jabatan sekarang, yang bersangkutan menjabat sebagai Kepala Bidang Program pada BBP Padi. Sebelumnya adalah staf Direktorat Bina Perlindungan Tanaman (sejak 1982-September 1994), Direktorat Jenderal Tanaman Pangan. Selama periode tersebut menjadi Assistant Counterpart Expert Entomologist dalam melakukan penelitian pada Proyek Perlindungan Tanaman ATA-162.

Jenjang Ahli Peneliti Muda diperoleh pada tahun 2003, dengan keterkaitan dalam penelitian bidang entomologi terapan untuk pengendalian hama dan penyakit padi. Aktif mempublikasikan karya ilmiah dan hasil penelitian sampai saat ini (2004) sekitar 50 makalah dalam bahasa Indonesia, Inggris dan Jepang baik sebagai penulis tunggal atau co-author; yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah, surat kabar, prosiding; baik dari lembaga instansi di dalam negeri maupun luar negeri. Disamping itu juga menjadi anggota dewan penyunting 4 buku prosiding seminar, dan sebagai anggota dewan redaksi untuk 2 jurnal ilmiah.

Penghargaan yang pernah diraih antara lain dari Yayasan Ryoebiteien, Jepang pada tahun 1992 atas kontribusi penelitian yang menonjol dalam bidang Biological Science; Peneliti Padi Berjasa (tahun 2002) dari Menteri Pertanian RI; dan Satya Lencana Karya Sapta 20 Tahun dari Presiden RI Tahun 2004.

Yang bersangkutan juga telah mempublikasikan tulisannya yang dimuat di jurnal/publikasi/prosiding. Beberapa artikel yang telah dipublikasikan selama tahun 2011-2012 diantaranya :

  1. Pewilayahan Varietas Padi Tahan Tungro di daerah Endemik Tungro, Prosiding Seminar Ilmiah Hasil Penelitian Padi Nasional, Tahun 2011
  2. Pengelolaan Penyakit Tungro Terpadu Berbasis Dinamika Populasi Vektor dan Epidemiologi Virus 2011, Prosiding Seminar Nasional Penyakit Tungro, Tahun 2011
  3. Kebijakan Pengembangan Kedelai Nasional, Prosiding Simposium dan Pameran Teknologi Aplikasi Isotop dan Radiasi, Tahun 2011
  4. Variatas Unggul Padi Tahan Tungro, IPTEK Tanaman Pangan Vol. 7/1, Tahun 2012
  5. Revisi Metode Uji Ketahanan Varietas Padi dan Identifikasi Biotipe Wereng Hijau Nephotettix virescens Distant (Homoptera: Cicadellidae), Prosiding Seminar Nasional Hasil penelitian Padi 2011, Tahun 2012.