Home » SDM

Nama : Dr. Ir. Moh. Ismail Wahab, M.Si
NIP :
Unit Kerja : Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan
Pendidikan : S3
Jabatan : Kepala Pusat
Bidang : Agroklimat dan Pencemaran Lingkungan
Email : puslitbangtan@litbang.pertanian.go.id
Komoditas : Sumberdaya Lahan

Ir. Moh. Ismail Wahab, M.Si mendapatkan gelar sarjana pertanian (Jurusan Budidaya Pertanian) pada tahun 1990 dari Institut Pertanian Bogor. Pendidikan S2 (Program Studi Agroklimatologi) ditempuh di Universitas yang sama dan selesai pada tahun 2004 dengan gelar Magister Sains (M.Si).

Saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitan dan Pengembangan Tanaman Pangan. Jabatan sebelumnya sebagai Kepala Balai Besar Penelitian Padi, Sukamandi, sejak 20 September 2016, jabatan struktural lain yang pernah di emban yaitu Kepala BPTP Jawa Tengah, Kepala BPTP Maluku Utara. Selain jabatan struktural beliau juga menjabat sebagai Fungsional Peneliti Muda.

Yang bersangkutan mulai bekerja di lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Bogor pada tahun 1990 pada bidang teknologi benih, agronomi, dan fisiologi tanaman. Pada tahun 1996 peneliti tersebut pindah ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Karangploso (BPTP)-Malang. Sejak Agustus 2013, beliau diangkat sebagai Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah. Jabatan sebelumnya adalah sebagai Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Maluku Utara.

Selain sebagai peneliti, yang bersangkutan pernah menjabat sekretaris program tanaman industri lainya di Balittro (1991-1995), menjadi dosen di Universitas Djuanda (1990-1996) dan Institut Pertanian Bogor program D-3 Produsen Benih (1991-1995). Pada tahun 1996 sampai dengan 1999, yang bersangkutan menjabat sebagai koordinator lapang program SUTPA dan IP-300 Kab. Blitar, serta program SUP padi Kab. Mojokerto.

Jenjang fungsional Ajun Peneliti Madya diperoleh pada tahun 1998, dengan bidang keahlian Teknologi Benih (Seed Agronomy). Sejumlah karya tulis ilmiah yang bersangkutan di bidang agronomi, teknologi benih, dan fisiologi tanaman telah dipublikasikan di beberapa jurnal ilmiah, majalah, semi ilmiah, dan prosiding baik dari lingkup Badan Litbang Pertanian maupun dari beberapa Universitas.