Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Tanaman Pangan merupakan instansi pemerintah di bawah Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian. Sebagai salah satu unit kerja yang mandiri, Puslitbang Tanaman Pangan wajib membuat dan menyampaikan laporan kinerja (LAKIN) di bidang penelitian dan pengembangan pertanian khususnya tanaman pangan.

Laporan kinerja Puslitbang Tanaman Pangan yang disusun menurut acuan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Tata Cara Reviu Atas laporan Kinerja Instansi Pemerintah. Pencapaian sasaran strategis yang didukung oleh pelaksanaan berbagai kegiatan penelitian dan pengembangan tanaman pangan merupakan wujud pertanggung-jawaban atas amanah yang diemban Puslitbang Tanaman Pangan sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Laporan ini menyajikan hasil penelitian seperti varietas unggul baru, teknologi budi daya, benih sumber, dan kegiatan penunjang dalam pencapaian tujuan dan sasaran strategis Puslitbang Tanaman Pangan.

Semoga laporan ini dapat memenuhi harapan masyarakat dan dalam rangka membangun kinerja khususnya dalam penelitian dan pengembangan tanaman pangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pengembangan IPTEK tanaman pangan.