Benih merupakan unsur utama dan menentukan sukses budidaya pertanian. Benih unggul dihasilkan dari proses yang mengikuti teknologi perbenihan baku yang sudah ditentukan. Setiap kelas benih memiliki standar kualitas tersendiri. Semakin tinggi kelas benih semakin ketat persyaratan yang harus dipenuhi.

Sejak beberapa tahun terakhir, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah menyediakan benih sumber bagi pengembangan benih kedelai secara nasional lewat Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) di masing-masing balai. Dengan bertambahnya varietas unggul kedelai setiap tahun berarti bertambah pula karakter varietas unggul kedelai yang harus diketahui untuk mengawal kualitas benih untuk sertifikasi. Oleh karenanya pengetahuan tentang karakter penciri varietas menjadi sangat penting.

Roguing Tanaman

Roguing adalah kegiatan mengidentifikasi dan menghilangkan tanaman yang menyimpang. Tujuan roguing adalah untuk mempertahankan kemurnian dan mutu genetik suatu varietas. Karakteristik varietas dapat digunakan untuk mengenali dan mengidentifikasi tipe simpang. Produsen benih atau pelaksana roguing harus mengenali karakteristik varietas dengan baik, termasuk faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap karakter tersebut.

Roguing dilakukan secara berulang dan sistematik. Roguing pada tanaman kedelai dilakukan minimal tiga kali, yaitu pada fase juvenil, fase berbunga, dan fase masak. Karakter yang dapat digunakan sebagai penciri utama varietas pada fase juvenil adalah warna hipokotil, pada fase berbunga adalah warna bunga dan warna bulu, sedangkan pada fase masak adalah warna polong. Roguing yang dilakukan pada fase juvenil dapat dengan mudah mengenali dan membuang tanaman lain. Tipe simpang yang paling mudah dikenali dan harus dibuang adalah tanaman lain, tanaman tidak sehat, dan gulma.

Balitbangtan melalui Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) telah menyusun Panduan Roguing Tanaman dan Pemeriksaan Benih Kedelai. Panduan ini akan memberikan informasi kepada produsen benih tentang tata cara mengidentifikasi tanaman simpang (rogues) dan juga untuk melakukan roguing (membuang tipe simpang) dalam produksi benih kedelai. Semoga panduan ini bermanfaat untuk banyak pihak yang memerlukannya.

 

Download :  Rouging1.pdf