Home » SDM

Nama : Dr. Priatna Sasmita
NIP : 19641104.199203.1001
Unit Kerja : Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan
Pendidikan : S3
Jabatan : Kepala Pusat
Bidang : Pemuliaan dan Genetika Tanaman
Email : priatnasasmita@pertanian.go.id
Komoditas : Padi

Dr. Priatna Sasmita mendapat gelar sarjana pertanian jurusan Budidaya Tanaman (Agronomi) pada tahun 1989 dari Universitas Padjadjaran, Bandung.

Penelitian skripsi S1 berjudul pengaruh zat pengatur tumbuh triakontanol terhadap pertumbuhan tanaman tebu di bawah bimbingan Ir. Kustiwi Ridwan, Ir. Fatimah Rustama, MS dan Dra. Wieny H.R. Marma Jaya, MS. Pendidikan S2 dan S3 disiplin agronomi ditempuh di Institut Pertanian Bogor, masing-masing selesai pada tahun 2001 dan 2006.

Penelitian Tesis S2 berjudul “Kultur Antera Padi Gogo dan F1 Terpilih (Hasil Persilangan Kultivar dengan Aksesi Toleran Naungan) di bawah bimbingan Prof. Dr. Bambang S. Purwoko, MSc dan Dr.Ir. Sriani Sujiprihati, MS.

Tesis penelitian S3 berjudul “Karakterisasi dan Evaluasi Toleransi Padi Gogo Haploid Ganda Hasil Kultur Antera terhadap Naungan”, di bawah bimbingan Prof. Dr. Bambang S. Purwoko, MSc, Dr.Ir. Sriani Sujiprihati, MS. Dr.Ir. Ida Hanarida S, MS, dan Prof.Dr.Ir. MA Chozin, M Agr.

Training-training yang pernah diikuti, diantaranya; “Rice Research Technique” di Tsukuba International Center, Japan pada tahun 1997; “Rice Breeding Course” di IRRI Los Banos Philippina pada 2007, dan “Training Workshop on Rice Technology Transfer System in Asia di ITCC-RDA, Suwon-Korea pada tahun 2009.

Yang bersangkutan sekarang bertugas sebagai peneliti pada Kelompok Penelitian Pemuliaan, Plasma Nutfah dan Perbenihan di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Sukamandi. Aspek khusus yang diteliti di Kelompok Penelitian tersebut adalah kultur jaringan. Publikasi karya ilmiah dan hasil penelitiannya diterbitkan pada Journal ilmiah dan prosiding. Jenjang fungsional yang diperolehnya adalah Peneliti Muda. Pada Maret 2018 menjabat sebagai Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi dan sejak tanggal 6 Agustus 2020 dipercaya untuk menahkodai Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan.

//