Kapuslitbangtan Akan Optimalkan IP2TP Sebagai Penyedia Logistik Produksi Benih Sumber

Share this Post


Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Dr. Ir. Priatna Sasmita, M.Si mengunjungi lima Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) lingkup Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi). Kunjungan yang dilakukan kali ini adalah dalam rangka untuk melihat langsung kondisi insfrastruktur serta SDM yang ada di IP2TP lingkup Balitkabi.

Kunjungan Kepala Puslitbangtan didampingi langsung oleh Kepala Balitkabi Dr. Ir. Titik Sundari, MP selama dua hari (1-2/9) dengan diawali kunjungan ke IP2TP Genteng yang berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur. 

Dalam kunjungannya itu, Kepala Puslitbangtan menyampaikan bahwa IP2TP akan memiliki peran penting yang berfungsi sebagai instalasi yang mendukung atau melaksanakan tugas dan fungsi khusus komoditas tanaman aneka kacang dan umbi (akabi). Oleh karena itu, diharapkan seluruh IP2TP lingkup Balitkabi menyiapkan dan memetakan segala kebutuhannya.

“Peran IP2TP ke depannya akan sangat penting, yaitu menjadi wadah pengujian standar komoditas aneka kacang dan umbi (akabi) baik dari aspek biologis (karakteristik plasma nutfah, galur, VUB, benih), fisik dan sistem manajemen/kelembagaan. Mengingat besarnya peran IP2TP ke depan, maka pihak manajemen akan mengkaji, memetakan, menyiapkan dan memperbaiki kembali fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan IP2TP, ” katanya. 

Lebih lanjut, dikemukakan olehnya agar segera mendata kembali segala kebutuhannya, karena cukup banyak infrastruktur yang perlu diperbaiki.

“IP2TP perlu dukungan fasilitas dan infrastruktur proses produksi benih yang optimal. Saat ini ditemui bahwa beberapa fasilitas di IP2TP belum berfungsi baik bahkan tidak tersedia, seperti halnya irigasi di lahan produksi benih, bangunan gudang prosesing dan penyimpanan benih yang belum begitu terkondisikan dengan optimal dan ketidaktersediaanya alat pengering benih (dryer) yang dapat menghambat proses produksi benih, ” ujarnya.

Saat ini, Balitkabi memiliki lima IP2TP yang tersebar di wilayah Jawa Timur, yaitu IP2TP Ngale yang berlokasi di Ngawi, IP2TP Kendalpayak di Malang, IP2TP Jambegede di Malang, IP2TP Muneng di Probolinggo, dan IP2TP Genteng di Banyuwangi. IP2TP dipimpin oleh Penanggung jawab IP2TP, dibantu oleh tenaga administrasi dan teknisi. Setiap IP2TP memiliki karakteristik berbeda-beda baik dari segi ketinggian tempat, tipe tanah, jenis tanah, tipe iklim, maupun curah hujan. Kandungan kimia berupa unsur hara pada masing masing kebun juga berbeda-beda. Beberapa kebun memiliki kandungan unsur hara N, P, dan Ca cukup tinggi dibandingkan dengan IP2TP lainnya, namun semua kebun memiliki sifat kemasaman tanah yang hampir sama.

Selanjutnya, IP2TP memiliki fungsi untuk mendukung atau melaksanakan tugas dan fungsi Balitkabi. Beberapa fungsi tersebut adalah sebagai tempat melaksanakan penelitian, konservasi plasma nutfah, tempat diseminasi atau pameran teknologi budidaya tanaman, kerjasama penelitian, produksi benih sumber komoditas tanaman aneka kacang dan umbi, serta produksi tanaman pangan lain sebagai sumber pendapatan PNBP. IP2TP juga menyediakan jasa produksi benih diantaranya benih kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubikayu, dan ubijalar, serta padi kelas benih sebar untuk petani, terutama bagi yang berdomisili di sekitar IP2TP. (NRP/Uje/HRY)