Antusiasme Peserta Warnai Hari Pertama Sarasehan Petani Milenial 2022 Di Sulawesi Selatan

Share this Post


Para petani milenial binaan Badan Litbang Kementerian Pertanian yang ambil bagian sebagai peserta dalam Sarasehan Petani Milenial 2022 gelombang dua di Hotel Claro Makassar mengikuti agenda hari pertama dengan penuh antusias. Hal ini terlihat dari semangat yang ditunjukkan saat mereka menjalani kegiatan yang telah diagendakan sebelumnya oleh panitia.   

Pada kegiatan yang mengangkat tema “Mendukung Antisipasi Krisis Pangan Global” tersebut, para peserta memperoleh beragam materi.  Mulai dari Dinamika Kelompok, dimana semua peserta berbaur dengan petani milenial binaan Eselon 1 Kementan untuk bergabung dalam salah satu acara yang diarahkan pada konsep team building, hingga kegiatan games yang juga diharapkan dapat membentuk karakter setiap peserta. Informasi yang diperoleh redaksi menyebutkan bahwa setelah melalui sesi yang kerap disebut dengan istilah ice breaking ini, pada akhirnya komunikasi di antara mereka semakin baik dan efektif. Harapannya adalah tumbuhnya rasa kebersamaan di antara mereka serta memperluas jejaring komunikasi mengarah pada penguatan kerja sama yang saling menguntungkan.  

Selama sarasehan berlangsung, para peserta juga mengunjungi booth pameran eselon I lingkup Kementerian Pertanian, termasuk di dalamnya booth Badan Litbang Pertanian. Puslitbangtan, Balitsereal, dan Lolit Tungro berpartisipasi ikut menampilkan beberapa materi display pameran. Adapun materi tersebut antara lain publikasi Jarwo Super dan deskripsi varietas unggul baru tanaman pangan, publikasi teknologi budidaya sorgum unggul bebas limbah serta benih jagung (Varietas JH-27, JH-37, Srikandi Ungu-1), sorgum (VarietasSuper-2, Suri-3, Suri-4, Numbu), termasuk dua  varietas padi Inpari 36 dan Inpari 37.    
 
Sementara itu, pada sesi lanjutan di malam hari, peserta sarasehan mengikuti sosialisasi dan pemahaman mengenai program utama Kementerian Pertanian. Di sini, masing-masing eselon 1 lingkup Kementerian Pertanian menyampaikan berbagai program kegiatan yang ada di tempatnya masing-masing. Terkait Badan Litbang Pertanian, program kegiatan disampaikan oleh Koordinator Perencanaan Sekretafian Badan Litbang Pertanian Dr. Sri Asih Rohmani, M. Si serta Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Dr. Ir. Fery Fahruddin Munir, M.Sc. Kepada para petani milenial binaan Balitbangtan/BSIP, Kepala BBP2TP menyampaikan terkait program agrostandar, diharapkan para petani dalam melakukan usahataninya sudah mulai menaruh perhatian atas standarisasi produknya yang merujuk pada Standar Nasional maupun Internasional.