Dua UPT Puslitbangtan Raih Penghargaan Di Hakteknas Ke-23

Sebagai Pusat Unggulan Iptek, dua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puslitbang Tanaman Pangan, Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) serta Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal) meraih Anugerah Prayoga Sala saat berlangsungnya acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang ke-23 di Provinsi Riau dengan tema “Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi” pada 10 Agustus 2018.

Informasi yang diperoleh redaksi menyebutkan, Anugerah IPTEK 2018 terdiri dari delapan kategori, salah satunya adalah Anugerah Prayoga Sala. Prayoga Sala itu sendiri merupakan anugerah yang diberikan kepada Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pusat Unggulan Iptek (PUI) serta lembaga penelitian dan pengembangan atas kontribusinya dalam membangun sistem inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.

Menanggapi raihan tersebut, Kapuslitbangtan Dr. Ir. Moh. Ismail Wahab mengemukakan bahwa kedua UPT tersebut layak memperoleh Anugerah Prayoga Sala. Menurutnya, Balitkabi dan Balitsereal telah ikut mendorong peningkatan kemampuan iptek yang diikuti penguatan inovasi nasional mendukung kemandirian dan daya saing bangsa khususnya pangan.

Hakteknas diselenggarakan setiap tahun oleh Kemenristekdikti untuk memberikan perhargaan atas dedikasi dan prestasi membanggakan seluruh komponen bangsa yang telah mengembangkan iptek dan inovasi untuk peningkatan kesejahteraan, daya saing dan kemandirian bangsa. Lebih dari itu, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap cita-cita visi Pembangunan Indonesia.

Hadir pada acara pemberian anugerah yang berlangung di Kantor Gubernur Riau tersebut antara lain mantan Presiden RI ke-3 Prof. Dr. BJ Habibi didampingi  Menristekdikti Mohamad Nasir, Gubernur Riau,  Gubernur DIY serta 2000 komunitas iptek dan inovasi se-Indonesia. (HR/Uje)

Berita Terkait

//

Belum Ada Komentar

Isi Komentar