Dua Mitra Kerja Sama Sepakati Lisensi Jagung

Setelah dilakukan mediasi, dua mitra kerja sama jagung dalam negeri yaitu PT Hanjaya Mas Plosjom dan PT Benih Jatim Nusantara kembali menandatangani naskah perjanjian kerja sama lisensi dengan Balitserealia di kantor BPATP pada Kamis (19/7). Dalam mediasi tersebut, PT Hanjaya Mas Plosjom sepakat untuk menjalani kerja sama lisensi untuk varietas jagung Bima 14, Bima 15 Sayang, dan Bima 19 URI secara non-eksklusif setelah menyetujui semua klausul yang dituangkan dalam naskah perjanjian. Adapun jangka waktu untuk kerja sama adalah selama 5 tahun.

Sementara itu, di tempat yang sama, PT Benih Jatim Nusantara juga menandatangani naskah perjanjian lisensi untuk varietas JH 27, HJ 21, dan NASA 29. Perjanjian dengan mitra nasional yang berlokasi di Jombang, Jawa Timur ini  juga disepakati bersifat non-eksklusif serta memiliki jangkauan pemasaran di dalam dan luar negeri dengan jangka sama seperti halnya PT Hanjaya yaitu 5 tahun.     

Saat mediasi yang diikuti oleh Kepala Balitserealia, Direktur Utama PT Benih Jatim Nusantara, Direktur PT Hanjaya Mas Plosjom, Kasubbid Kerja Sama Puslitbangtan, dan Kepala Seksi Pelayanan Alih Teknologi BPATP beserta staf, para pihak menyatakan komitmennya masing-masing. Para pihak, sesuai hak dan kewajibannya, akan melaksanakan seluruh kesepakatan yang telah tertuang dalam naskah perjanjian, termasuk komitmen dalam menjamin mutu benih tetua sesuai dengan standar mutu yang berlaku maupun menyampaikan laporan pengembangan sebagai upaya pemantauan keberhasilan pemenuhan target produksi.

Kerja sama lisensi dilakukan tidak saja untuk mengalihkan teknologi secara komersial namun juga sebagai salah satu upaya penyebaran teknologi dalam menunjang pengembangan pembangunan pertanian dan kesejahteraan masyarakat. (HRY)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar