Program BEKERJA di Kabupaten Garut

Program ini merupakan upaya Kementan untuk mengentaskan kemiskinan di tanah air khususnya disektor pertanian. Program ini dilakukan dengan tiga tahapan, yakni jangka pendek, menengah, dan panjang. Secara nasional tahun 2018, Kementan menargetkan program Bekerja dapat dilaksanakan di 10 provinsi.

Setiap wilayah yang sudah disurvei dan layak untuk mendapatkan bantuan Program Bekerja akan mendapatkan : 1). 500 benih pohon mangga; 2). 1.900 aneka sayuran dalam polybag; 3). 1.000 ekor ayam yang diberikan kepada 20 RTM (Rumah Tangga Miskin) dan 10 ekor kambing yang diberikan kepada 10 RTM; 4). 20 kandang ayam dilengkapi dengan bantuan pakan selama 6 bulan. Untuk bantuan ternak ayam, tiap 1 RTM akan memperoleh 50 ekor ayam. Untuk kambing/domba diberikan 1 ekor per RTM yang dibuat secara berkelompok dimana setiap kelompok mendapat 10 ekor (9 betina dan 1 jantan).

Untuk mensukseskan Program Bekerja di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Kapuslitbangtan bersama Kepala Balittro melakukan evalusi pada setiap RTM yang akan mendapatkan bantuan. Dalam evaluasinya Kapuslitbangtan menyampaikan agar setiap RTM yang dijadikan sasaran benar-benar berada di wilayah pelosok dan bukan di wilayah perkotaan sehingga Program bantuan tersebut akan tepat sasaran. Rencananya Program Bekerja di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut nantinya akan dihadiri oleh Menteri Pertanian. (RTPH/Uje)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar