Prospek Industri Susu Kedelai

Kedelai merupakan sumber gizi yang baik karena mengandung protein nabati yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.  Masyarakat tidak asing lagi menikmati berbagai olahan pangan berbahan baku kedelai.

Selain olahan tahu, tempe dan kecap, olahan kedelai yang mempunyai prospek cerah adalah susu kedelai. Susu ini memiliki manfaat luar biasa untuk mengatasi beberapa permasalahan kesehatan. 

Susu kedelai mempunyai protein yang hampir sama banyaknya dengan protein susu sapi, karena dalam susu kedelai terkandung protein yang tinggi serta vitamin dan mineral. Selain itu susu kedelai juga dapat menjadi pengganti susu sapi bagi Balita yang intoleran terhadap susu sapi. 

Dari hasil kajian yang telah dilakukan oleh Badan Litbang Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi, susu kedelai memiliki beberapa hal yang menjadi kekuatan dalam pengembangannya. Diantaranya adalah teknologi pembuatan susu kedelai yang dikuasai, mudah dan murah, sehingga dapat diusahakan pada skala kecil (home industri).

Keunggula lain yaitu tidak membutuhkan tambahan bahan yang mahal, sehingga menjadi suatu usaha yang menguntungkan. Oleh karena itu, strategi pengembangan industri susu kedelai perlu dirancang agar usaha yang menguntungkan lebih maksimal.

Formulasi strategi yang diambil adalah meningkatkan skala usaha susu kedelai, mengembangkan teknologi pangan untuk dapat mengolah lebih lanjut produk utama maupun bahan sisa, serta menciptakan pasar baru dengan membuat produk turunan dari susu kedelai. (RTPH/RK/Uje)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar