Nahkoda Baru Puslitbang Tanaman Pangan

Hampir dua bulan lamanya Kepala Puslitbang Hortikultura (Dr. Ir. Hardiyanto M.Sc) menjadi Plt. Kepala Puslitbang Tanaman Pangan (Puslitbangtan). Hari ini Selasa, 15 Mei 2018 Plt. Puslitbangtan menyerahkan sepenuhnya kepada Kepala Puslitbang Tanaman Pangan yang baru dilantik Dr. Ir. Moh. Ismail Wahab, M.Si. Dr. Andriko Noto Susanto, SP.MP yang sebelumnya sebagai Kepala Puslitbangtan dipromosikan sebagai Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian pada 19 Maret 2018.

Bagi Puslitbangtan beliau sudah tidak asing lagi, karena jabatan lama Dr. Ir. Moh. Ismail Wahab, M.Si sebelumnya sebagai Kepala BB Padi. Pada serah terima jabatan dengan Plt. Kapuslitbangtan, arahan Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan bahwa konsentrasi pembangunan pertanian masih pada tanaman pangan. Sehingga dominannya kebutuhan atas varietas yang mencapai 90% untuk padi, 95% untuk kedelai dan 60% bibit jagung dari Kementerian Pertanian. Tumpuan kebutuhan karbohidrat juga masih dari tanaman padi, oleh karena itu harus terus ditingkatkan produktivitasnya termasuk varietasnya dengan memanfaatkan teknologi pada lahan kering iklim kering dan lahan rawa. Penelitian Puslitbangtan juga harus bersinergi dengan lembaga lain sesuai yang dianut saat ini yaitu Open Innovation.

Selanjutnya Kepala Badan Litbang Pertanian juga menyampaikan bahwa salah satu pemacu produktivitas adalah pertumbuhan penduduk 1,4% pertahun, oleh karena itu Balitbangtan melalui Puslitbangtan harus bisa membangun bank gen yang terkait hasil dari lembaga lain, termasuk untuk memproduksi benih sebar dengan memanfaatkan Balai-Balai lain, BPTP dan Balai lingkup Puslitbangtan termasuk rekomendasi juga dari Puslitbangtan. Penggandaan secara cepat untuk varietas unggul pajale yang sudah dilisensi oleh perusahaan yang memiliki orientasi profit, tidak dibolehkan lisensi ekslusif dengan prosentase yang diatur sesuai dengan proporsi yang dibolehkan untuk diseminasi 40:60 dengan swasta.

Terakhir Kepala Badan menyampaikan agar Kapuslitbangtan langsung bekerja dan konsolidasi dilaksanakan dengan segera. (RTPH/Uje)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar