Bersiap untuk Kompetisi Inovasi Unit Pelayanan Publik

Saat ini seluruh instansi pemerintah mulai dari pemerintah pusat sampai dengan pemerintah daerah dituntut untuk dapat melakukan pelayanan prima kepada masyakat. Hal tersebut dipertegas dengan adanya surat edaran Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) nomor 15 tahun 2013 tentang kompetisi inovasi unit pelayanan publik di lingkungan kementerian/lembaga/pemerintah daerah. KemenPAN-RB menetapkan tahun 2014 sebagai tahun inovasi pelayanan publik bagi seluruh instansi pemerintah. Masing-masing kementerian/lembaga/pemerintah daerah diwajibkan untuk mengirimkan minimal 1 UK/UPT untuk menjadi peserta kompetisi, yang dinilai telah memiliki inovasi pelayanan publik terbaik.
 
Pelayanan publik sendiri dapat didefinisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah di pusat, di daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Kompetisi inovasi unit pelayanan publik yang diselenggarakan KemenPAN-RB bertujuan untuk mendorong seluruh perangkat pemerintah untuk bekerja secara profesional dan berorientasi melayani. Kompetisi inovasi ini terbagi menjadi 3 kategori inovasi pelayanan publik yaitu : (a) Pencegahan korupsi; (b) Peningkatan kapasitas dan kinerja aparatur; (c) Peningkatan kualitas pelayanan publik. Kementerian/lembaga/pemerintah daerah yang akan mengirimkan UK/UPT nya terlebih dahulu dapat mengidentifikasi kategori mana yang akan dipilih dan cocok dengan jenis pelayanan ditempatnya.

Kementerian Pertanian dibawah koordinasi Biro Organisasi dan Kepegawaian telah melakukan komunikasi antar unit eselon I untuk menentukan UK/UPT yang akan dicalonkan sebagai peserta kompetisi inovasi pada tanggal 24 Januari 2014. Masing-masing unit eselon I akan memilih UK/UPT yang dinilai layak untuk diikutsertakan dalam kompetisi tersebut, dan rencananya UK/UPT calon peserta yang terlpilih kompetisi akan terlebih dahulu dievaluasi oleh Biro Organisasi dan Kepegawaian sebelum diajukan ke KemenPAN-RB. Dengan adanya kompetisi inovasi ini diharapkan Kementerian Pertanian dapat menjadi pioneer bagi perangkat pemerintah lain untuk menerapkan pemerintahan yang bersih, profesional dan berorientasi pada pelayanan prima. Informasi selengkapnya klik di sini.

Sumber : Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar