Gaungkan Center of Excellence, Puslitbangtan Berikan Bimtek di Kecamatan Bataguh

Center of Excellence (COE) merupakan daerah percontohan seluas 2.000 ha yang terdapat di dalam Kawasan Food Estate sebesar 30.000 ha di Provinsi Kalimantan Tengah. COE sendiri terdapat di 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau. Pada hari Jum’at 6 November 2020 Puslitbangtan melaksanakan Bimbingan Teknis di Desa Terusan Mulya, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas. Bimbingan teknis (Bimtek) dihadiri oleh 16 Kelompok tani dari desa Terusan Mulya dan Terusan Karya. Sebanyak lebih dari 200 petani dan 49 orang siswa-siswi PKL SMK Pertanian peserta mengikuti acara tersebut dengan antusias.

Dalam pembukaan bimtek, perwakilan BPTP Kalimantan Tengah dan Kepala Desa Terusan Tengah menyampaikan apresiasi dan terima kasih dengan adanya program ini. Ke depan, upaya Puslitbangtan dalam meningkatkan pemahaman petani setempat terhadap Center of Exellence di Kawasan Food Estate ini diharapkan dapat membawa angin perubahan utamanya di Desa Terusan Mulya dan Terusan Karya. Mewakili Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, Dr. Agus Wahyana Anggara memotivasi petani untuk dapat mensukseskan kegiatan ini secara maksimal, agar nantinya diharapkan Presiden dapat mengunjungi lokasi di Kecamatan Bataguh.

Pada sesi materi, lulusan doktor IPB biosains hewan yang juga bertugas sebagai Kepala Bidang KSPHP Puslitbangtan menyampaikan mengenai mekanisme pembentukan kelembagaan korporasi yang dapat diterapkan oleh petani di lokasi Terusan Karya dan Terusan Mulya. Dengan terbentuknya sistem korporasi diharapkan pendapatan usaha tani padi dapat meningkat, dengan termanfaatkannya seluruh nilai ekonomis dari produk turunan usaha tani khususnya pada tanaman padi. “Tidak menutup kemungkinan, petani di Kecamatan Bataguh, dapat mengekspor produk turunan padi ke negara-negara lain”, ujarnya menambahkan.

Dari catatan tim redaksi yang mengikuti di lokasi, seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Bimtek. Ini terlihat dari tingginya tingkat kehadiran peserta dan keingintahuan petani dalam sesi tanya jawab dengan narasumber. Dengan dilakukannya bimtek ini, diharapkan petani di Kecamatan Bataguh, dapat menjadi pionir dan contoh untuk petani lain di Kawasan food estate provinsi Kalimantan Tengah. (LEN/HRY)

Berita Terkait

//

Belum Ada Komentar

Isi Komentar