Keterbukaan Informasi Publik Puslitbangtan Kepada Publik

Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) merupakan suatu Badan Publik yang wajib menyediakan, memberikan, dan/atau menerbitkan informasi publik yang akurat, benar, dan tidak menyesatkan. Oleh karena itu, Puslitbangtan membuka akses pelayanan bagi pemohon informasi publik untuk mendapatkan informasi publik selain informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya menyampaikan bahwa keterbukaan informasi publik agar lebih responsif, inovatif dan mampu menjawab tantangan secara tepat. Sehingga penyelenggaraan negara yang baik, bersih, transparan dan akuntabe di lingkup Kementerian Pertanian memberi dampak positif bagi kinerja pembangunan pertanian.

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Kementerian Pertanian melaksanakan monitoring dan evaluasi untuk mengukur pelaksanaan pengelolaan informasi publik dari UK/UPT Lingkup Kementan. Salah satunya adalah Unit Kerja Puslitbangtan yang sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Litbang Pertanian Nomor 192.1/Kpts/OT.140/H/07/2018 tentang penunjukan Puslitbangtan sebagai PPID Pembantu Pelaksana.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian juga lebih dulu telah menerbitkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 32/Permentan/OT.140/5/2011 tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Kementerian Pertanian sekaligus mengeluarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2678.1/Kpts/OT.160/5/2011 tentang Penunjukkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan PPID Pelaksana Eselon I lingkup Kementerian Pertanian.

Dalam pengelolaan keterbukaan infomasi publik, Puslitbangtan telah membentuk Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Adapun tugas dari Tim PPID adalah merencanakan dan menyiapkan dokumen pelayanan informasi publik secara cepat, tepat, dan akurat, menyimpan dan mengamankan dokumen informasi publik. Selain itu, tugas PPID juga menyiapkan dan mengelola dokumen dan menyusun laporan. Selain membentuk Tim PPID, Puslitbangtan juga menyediakan sarana dan prasarana, serta anggaran untuk PPID.

Puslitbangtan sebagai PPID Pembantu Pelaksana melaporkan permohonan informasi setiap bulannya dan membuat laporan tahunan. Permohonan informasi publik Puslitbangtan dikelola melalui silayan online di portal PPID http://pangan-litbang.ppid.pertanian.go.id/.

Walaupun masih dilanda pandemi COVID-19, Puslitbangtan tetap melayani pemohon informasi publik melalui portal PPID. Dimana Komisi Informasi Publik (KIP) meminta akses layanan informasi publik di Badan Publik harus tetap berjalan dengan menggunakan pelayanan media daring. (FLZ)

Berita Terkait

//

Belum Ada Komentar

Isi Komentar