Standar Pelayanan Publik Puslitbangtan

Standar pelayanan publik adalah suatu tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai komitmen atau janji dari penyelenggara pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Standar pelayanan publik berpedoman kepada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) yang merupakan Unit Kerja dari Badan Litbang Pertanian mendapat tugas melaksanakan penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program penelitian, pengembangan dan inovasi di bidang tanaman pangan, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan.

Dalam meningkatkan pelayanan Puslitbangtan telah menyusun, menetapkan dan  mengimplementasikan Standar Pelayanan Publik (SPP) dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa agar memastikan pemberian pelayanan dan tersedianya informasi layanan yang jelas, tegas, dan akuntabel.

Pelayanan yang diberikan Puslitbangtan berupa pelayanan informasi dan konsultasi inovasi teknologi tanaman pangan bisa dilihat pada http://pangan.litbang.pertanian.go.id/statis-10-layananinformasidankonsultasi.html dan pelayanan perpustakaan yang bisa dilihat pada http://pangan.litbang.pertanian.go.id/statis-9-perpustakaan.html.

Puslitbangtan memberikan pelayanan dengan  menerapkan SPP yang meliputi persyaratan administratif dan persyaratan teknis tentang tolak ukur layanan yang diberikan kepada pengguna jasa. Penyusunan SPP mempertimbangkan beberapa hal yaitu jenis pelayanan, bentuk pelayanan, waktu pelayanan, sumber daya manusia (SDM) pelaksana, sarana pelayanan, dan indikator pencapaian pelayanan.

SPP merupakan ukuran pelayanan dalam rangka penyelenggaraan tugas dan fungsi pada Puslitbangtan yang penerapannya tercermin dari indikator pencapaian layanan. Agar SPP dapat diterapkan dengan optimal, maka standar pelayaan disusun berdasarkan jenis pelayanan yang dapat diukur, dicapai, relevan, tepat waktu dan dapat diandalkan.

Evaluasi kinerja standar pelayanan publik Puslitbangtan dilaksanakan berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) per semester dan audit internal dan eksternal ISO 9001:2015 yang dilaksanakan setahun sekali. (Febliza)

Berita Terkait

//

Belum Ada Komentar

Isi Komentar