Meningkatkan Kemampuan Jurnalistik SDM Balitbangtan

Kualitas SDM Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) dalam penguasaan ilmu jurnalistik perlu terus ditingkatkan. Untuk itu Balitbangtan menyelenggarakan pelatihan penulisan berita bagi para kontibutornya. Bertempat di Hotel Salak Bogor, acara diselenggarakan pada tanggal 11-13 Desember 2019, dan diikuti sekitar 14 peserta dari berbagai Unit Kerja (UK) lingkup Balitbangtan.

Peserta sangat antusias menyimak materi dari para narasumber. Pemaparan yang disampaikan sangat menjelaskan tehnik dan trik dalam meramu narasi menjadi sebuah berita yang berbobot. Sesuai dengan tujuannya acara ini diselenggarakan agar setiap kontributor memiliki kemampuan yang handal serta lebih kreatif dalam mengolah berita terkait pertanian agar dapat dengan mudah dicerna oleh pemerhati pertanian.

Menurut Eko Suprihatno, salah satu narasumber dari harian Media Indonesia dalam paparannya menyarankan “agar setiap kontributor dalam membuat berita tidak membuat alinea yang panjang, karena hal tersebut tentunya akan membosankan bagi para pembaca”. Lebih lanjut Eko menyampaikan “mayoritas isi berita pada website lembaga pemerintah, bahasa yang digunakan adalah bahasa teknis dan kurang bisa dipahami. Khusus Kementan berita yang dimuat cenderung kurang mudah dicerna oleh petani atau pemerhati pertanian terlebih masyarakat pada umumnya” ucapnya.

Dengan pelatihan ini, para kontributor berita Balitbangtan akan lebih matang dalam meracik berita ataupun opini yang menyasar segmen pembaca inovasi teknologi pertanian.

Berita Terkait

//

Belum Ada Komentar

Isi Komentar