Seminar Evaluasi Kegiatan Tengah Tahun 2019 Puslitbang Tanaman Pangan

Dalam rangka pertanggungjawaban kinerja kegiatan tengah tahun, Puslitbang Tanaman Pangan, Selasa (20/8/2019), menyelenggarakan Seminar Evaluasi Kegiatan Tengah Tahun dalam rangka monitoring dan evaluasi Laporan Tengah Tahun 2019 kegiatan penelitian dan diseminasi.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi terkait kegiatan yang dilakukan, sejauh mana progress pelaksanaan kegiatan, permasalahan apa yang dihadapi serta sekaligus untuk penyempurnaan penyusunan Laporan Tengah Tahun 2019.

Seminar dihadiri oleh pejabat struktural beserta peneliti satker Puslitbang Tanaman Pangan. Masing-masing penanggung jawab kegiatan memberikan paparan mengenai kegiatan yang telah dilakukan. Masukan dan saran juga diberikan kepada penyaji/ tim pelaksana kegiatan untuk ditinjaklanjuti dengan melakukan perbaikan pada pelaksanaan kegiatan selanjutnya.

Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan pentingnya kegiatan ini dilakukan sebagai fungsi kontrol dimana kegiatan evaluasi adalah rangkaian kegiatan membandingkan realisasi masukan (input), keluaran (output), dan hasil (outcome) terhadap rencana dan metode pelaksanaan kegiatan yang diajukan. Evaluasi merupakan merupakan kegiatan yang menilai hasil yang diperoleh selama kegiatan pemantauan berlangsung. Lebih dari itu, evaluasi juga menilai hasil atau produk yang telah dihasilkan dari suatu rangkaian program sebagai dasar mengambil keputusan tentang tingkat keberhasilan yang telah dicapai dan tindakan selanjutnya yang diperlukan. Lebih lanjut Kepala Puslitbang Tanaman Pangan mengingatkan supaya kegiatan-kegiatan yang dilakukan agar tertib waktu pelaksanaan, administrasi, serta keuangan.

Pada akhir Seminar Evaluasi Kegiatan Tengah Tahun 2019 Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA memberikan saran dan masukan dalam rangka perbaikan kegiatan penelitian Puslitbangtan, secara khusus pada kegiatan Analisis Kebijakan (Anjak), Beliau berharap kedepannya kegiatan Anjak lebih fokus pada kegiatan yang adaptif dan responsif. Diharapkan agar hasil Seminar Evaluasi Kegiatan Tengah Tahun ini dapat digunakan sebagai bahan untuk melaksanakan Monitoring dan Evaluasi, penyusunan laporan tengah tahun, perbaikan program kegiatan Puslitbang Tanaman Pangan di masa yang akan datang, serta sebagai media untuk pembelajaran dan pemikiran bagi seluruh struktural dan peneliti Puslitbang Tanaman Pangan. (LE/UJE/RTPH)

Berita Terkait

//

Belum Ada Komentar

Isi Komentar