Balitbangtan, Institusi Paling Siap dalam Perakitan VUB

Senin, 12 Agustus 2019, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) hadir pada acara Rapat Koordinasi Penyediaan Benih Tanaman Pangan Dalam Negeri, di Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian.

Hadir pada acara tersebut, Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Dr. Ir. Suwandi, M Si, Kepala Pusat Perlindungan Tanaman dan Perizinan Pertanian, Prof. Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si, pejabat struktural lingkup Ditjen Tanaman Pangan dan Badan Litbang Pertanian serta hadir juga segenap mitra penangkar benih padi, jagung dan kedelai.

Dalam paparan tersebut Kepala Puslitbangtan menyampaikan posisi Badan Litbang Pertanian sebagai salah satu Badan yang berada di Kementerian Pertanian  yang strukturnya  berdasarkan pendekatan komoditas, bidang masalah, teknologi spesifik lokasi, dan pendekatan hulu-hilir. Badan Litbang Pertanian merupakan Instansi yang paling siap untuk merakit dan melepas VUB di Indonesia. Hal tersebut karena Badan Litbang Pertanian telah didukung oleh SDM, insfratruktur, anggaran serta program dan kegiatan yang bermuara pada perakitan VUB, penyebar luasan serta pemanfaatannya.

Lebih lanjut, dalam paparannya Kepala Puslitbangtan menjelaskan bahwa sampai dengan tahun 2018 produk Balitbangtan memiliki 148 Paten Granted yaitu hak paten tertinggi untuk lembaga riset di Indonesia. Selain itu juga dipaparkan target Badan Litbang Pertanian yang bekerjasama dengan stakeholder lainnya, bahwa untuk tiga komoditi pada tahun 2023/2024 ditargetkan produktivtasnya 10 t/ha, kemudian jagung 13 t/ha dan kedelai 3,5 t/ha. (AWA/RTPH/Uje)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar