Enam Program Kegiatan 2020-2024 Puslitbangtan

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan), Dr. Haris Syahbuddin, DEA didampingi Kepala BB Padi Dr. Priatna Sasmita menjelaskan enam poin usulan program Puslitbangtan 2020-2024 kepada kepala UPT/Lolit lingkupnya di Puslitbangtan, Bogor (03/07/2019). Selain Kepala UPT/Lolit, pertemuan ini juga diikuti oleh para pejabat struktural eselon 3 dan 4 lingkup Puslitbangtan.

Dalam pertemuan, Kepala Puslitbangtan mengungkapkan bahwa keenam program yang diusulkan tersebut adalah (a) Sertifikasi UPBS, (b) Prediksi Varietas, (c) VUB Survival di Lahan Rawa dan Kering, (d) Model Sentra Perbenihan Rakyat, (e) Model Kawasan Minimum Gap serta (f) Monitoring dan Prediksi Produksi Tanaman Pangan melalui Pemetaan Cropping System. Dijelaskannya lagi, enam poin tersebut merupakan landasan penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan kinerja Puslitbangtan sebagai Puslit tertua di Balitbangtan. Puslitbangtan dengan 4 UPT-nya menginginkan adanya bukti nyata kontribusi minimal 20 persen masing-masing satker dari target kerja 100 persen Puslitbangtan. Meski demikian, menurut Kepala Puslitbangtan, keenam usulan program di atas tentunya harus link dengan program Kementan.

Sementara itu, untuk lebih meningkatkan tingkat recognition sesuai harapan Mentan RI, eselon 2 yang pernah memimpin Balai Besar P2TP ini mengatakan bahwa Balit pada dasarnya harus powerfull dan menaikkan level kinerjanya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan logistik benih. Ini tidak lain karena benih harus tersedia di lapangan apalagi ini terkait dukungan langsung Puslitbangtan  pada setiap program Strategis Kementan seperti SERASI, KAWASAN, OPAL, STUNTING, dan SAFIRA. Tentunya Puslitbangtan bersama Balit-balit komoditas/Lolitnya, yang merupakan satu-satunya balit komoditas di Indonesia, akan menjadi referensi utama dan lebih dikenal seperti halnya BPTP. Terlebih, nantinya kegiatan Balit Komoditas akan fokus pada penelitian yang lebih strategis (Riset Strategis).(HRY)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar