Puslitbangtan Hadir Pada Belitung Expo 2019 dan Memberi Solusi Bagi Pemda Belitung

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) kembali hadir di acara Belitung Expo pada 1-5 Juli 2019 di Pantai Wisata Tanjungpendam, Kabupaten Belitung. Belitung Expo 2019 merupakan acara yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Belitung untuk memeringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke 181. Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh Bupati Belitung Sahani Saleh yang didampingi oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah serta Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie. Kegiatan ini dihadiri oleh DPRD, Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait, tokoh masyarakat, para pengusaha, UMKM, pelajar dan masyarakat umum Kota Belitung.

Pada kesempatan ini Balitbangtan menampilkan beberapa varietas unggul baru, teknologi pertanian, dan produk-produk pascapanen yang dihasilkan Balitbangtan melalui beberapa unit pelaksana teknis (UPT). UPT yang dimaksud diantaranya Puslitbang Tanaman Pangan, Puslitbang Hortikultura, Puslitbang Perkebunan, Puslitbang Peternakan, BB Padi, BB Biogen, BBSDLP, BBP2TP dan BPATP. Khusus Lingkup Puslitbang Tanaman Pangan ikut mendiseminasikan beberapa inovasi teknologi seperti varietas unggul baru tanaman padi yang memiliki sifat fungsional seperti beras kaya Zn Inpari IR Nutri Zink, beras merah Pamelen, beras hitam Jeliteng, beras basmati Baroma, serta Beras ketan Paketih. Komoditas Jagung ditampilkan jagung tongkol dua Nasa 29 dan Jangung Srikandi Ungu. Untuk serealia lainnya ada Sorghum serta minuman dari bahan sorghum. Beberapa varietas kedelai juga ditampilkan seperti Dena1, Dega 1, Dering, Devon 1 dan 2, Detap 1 serta beberapa snack berbahan casava, sweet potato stick dan Tiwul Instan. Berbagai publikasi terkait komoditas tanaman pangan juga dismapaikan dan menarik banyak peminat.
 
Kehadiran Puslitbang Tanaman Pangan pada Belitung Expo 2019 baru kali yang pertama, namun telah memberi dampak yang besar dalam mendiseminasikan hasil pertanian. Hal ini terlihat dari kehadiran Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah yang mengapresiasi adanya stan Balitbangtan yang memberi warna tersendiri pada Belitung Expo kali ini, terlebih disaat  penyerahan Buku 600 teknologi Inovatif Pertanian Balitbangtan dimana Beliau sangat antusias dan berjanji akan melihat teknologi yang tepat untuk diterapkan di Provinsi Bangka Belitung. Fatah menyampaikan bahwa petani di daerahnya sangat membutuhkan teknologi tepat guna karena dapat segera diterapkan oleh seluruh petani dan memudahkan mereka dalam mengolah lahan pertaniannya menjadi lebih efektif dan efisien. “Saya senang kalau ada pihak (Balitbangtan) yang terjun langsung dan turut aktif dalam kegiatan-kegiatan seperti ini. Karena di kegiatan ini akan ada transformasi ilmu kepada petani dan mereka bisa langsung menerapkannya,” ungkap Fatah ”. Diakhir pernyataannya, Fatah berharap Balitbangtan dapat terus menghasilkan varietas unggul baru yang sesuai dengan kondisi Lahan di Belitung dan tentunya dapat diterima oleh masyarakat luas. “Pada prinsipnya petani disini siap mengembangkan hasil penelitian Balitbangtan, asal mendapat arahan dan panduan yang benar, pasti mereka siap,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang terpisah secara khusus Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie beserta isteri datang dan melihat berbagai inovasi teknologi yang ditampilkan oleh Balitabngtan. Dalam bincang-bincang yang dilakukan Beliau sangat bersyukur dapat secara khusus di Stan yang sangat inovatif dan bermanfaat. Beliau sangat antusias untuk dapat mengembangkan Padi Inpari IR Nutri Zink mengingat dari 42 Desa yang ada, terdapat 8 Desa yang banyak terdapat kasus stunting. Wakil Bupati juga sangat respek untuk mengembangkan Jagung Srikandi Ungu dan disaat yang bersamaan telah memerintahkan kepala Dinas Pertanian untuk berkoordinasi dengan Balitbangtan agar segera dapat megembangkan padi Inpari IR Nutri Zink dan jagung Srikandi Ungu. Harapannya pada Belitung Expo 2020 jangung Srikandi Ungu dapat ditampilkan oleh Pemda setempat.(RTPH)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar