Dinas Pertanian Kabupaten Takalar, Jajaki Puslitbangtan

Dalam rangka identifikasi peluang kerja sama pengembangan komoditas tanaman pangan di Kabupaten Takalar, Dinas Pertanian Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan mengunjungi Puslitbang Tanaman Pangan (20/6/19). Jumlah peserta kunjungan sebanyak 30 orang, dipimpin langsung oleh kepala Dinas Pertanian Kabupaten Takalar, Muhammad HasbiS.STP, MAP, beserta jajaran pejabat Dinas Pertanian dan Dinas Perencanaan Kabupaten Takalar. Kunjungan ini disambut oleh Plh. Kepala Puslitbangtan, Ir. Narta sebagai Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Subbidang Kerja Sama, dan Peneliti Senior Puslitbangtan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian memberikan apresiasi akan capaian hasil teknologi yang dimiliki oleh UK/UPT lingkup Puslitbangtan. “Kabupaten Takalar merupakan Kabupaten penghasil jagung, utamanya jagung Pulut,” ujarnya. Wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Takalar rata-rata singgah untuk mencicipi menu jagung Pulut ini. Produktivitas jagung di Kabupaten Takalar sudah cukup tinggi, namun untuk padi masih rendah. Selain itu, permasalahan lain terkait perbenihan yang sulit untuk tersertifikasi dikarenakan tercampurnya hasil panen masih sering terjadi.

Menanggapi permasalahan tersebut Ir. Putu Wardhana sebagai peneliti Puslitbangtan menyampaikan bahwa Puslitbangtan memiliki dan melaksanakan program SL Mandiri Benih. Program SL Mandiri Benih merupakan salah satu jalan keluar pemecahan masalah yang dihadapi oleh Kabupaten Takalar.

“Kita dapat menindaklanjuti pertemuan ini, dengan perjanjian kerjasama,” ujar M. Hasbi kepada pihak Puslitbangtan. Oleh karena itu, peluang kerja sama perbaikan penangkar benih serta pembentukan desa mandiri benih dengan Pemerintah Kabupaten Takalar dapat terlaksana ke depannya. Selain adanya peluang kerja sama, pihak Dinas Pertanian Takalar pun berharap informasi terkait varietas unggul baru (VUB) pajale, dan teknologi pendukung lainnya dapat mereka peroleh secara periodik dan update. (F/HRY/EDA)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar