Memperingati Hari Lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2019 ke 74, Kepala Badan Litbang Pertanian bertindak sebagai pembina upacara Sabtu, (01/6/2019). Upacara bertempat di lapangan BB Biogen, Cimanggu, Bogor dan diikuti oleh Pejabat Eselon II, III, IV serta segenap pegawai lingkup Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan).
Dalam sambutannya Kepala Badan membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Karena berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusifitas, toleransi dan gotong-royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah.

Mengutip pesan Presiden Jokowi yang terdapat didalam sambutan tersebut bahwa dengan memperingati hari kelahiran Pancasila pada setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Karena dengan memperingatinya kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar Negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Kemudian, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan berngara yang lebih baik.
Sebagai penutup sambutan disampaikan bahwa Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Diakhir sambutan Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan bahwa Kementan mendapat predikat laporan WTP 3 tahun berturut-turut, atas prestasi tersebut Menteri Pertanian akan memperjuangkan Tunjangan Kinerja Kementerian Pertanian dinaikan menjadi 90%. Kenaikan tunjangan kinerja tersebut dibarengi dengan disiplin kerja, etos kerja dan semangat kerja yang lebih baik lagi. Kemudian Kepala Badan Litbang Pertanian juga menyampaikan bahwa terkait dengan SKP dimohon untuk diperhatikan betul karena mulai bulan Mei, Juni dan seterusnya SKP akan dievaluasi, sehingga hasil evaluasi tersebut dampaknya kepada tunjangan keinerja yang kita terima setiap bulan. Kepala Badan menutup sambutannya dengan menyampaikan "Selamat Idul Fitri 1440 H, kepada segenap jajaran Balitbangtan". (UJE/RTPH)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar