Kacang Potensial sebagai Bahan Makanan

Manfaat aneka kacang potensial sebagai bahan makananSecara tradisional daun maupun polong muda digunakan sebagai sayuran. Biji koro pedang yang sudah tua dan kering dapat pula dimasak atau digunakan sebagai bahan pembuatan tahu dan tempe.
 
Proses pembuatan tahu dan tempe hampir sama dengan pembuatan tahu dan tempe kedelai, hanya untuk biji kacang koro pedang ini direbus dan direndam 1-2 kali untuk menghilangkan racun. Untuk Keperluan Farmasi dan Kosmetik.
 
Selain mengandung Con canavalin A yang merupakan senyawa protein yang berfungsi sebagai antibodi yang dapat mengaktifkan sel anti kanker atau sel T. Con canavalin A juga mampu menggumpalkan virus dan spermatozoa serta dapat mengisolasi substansi immono globulin dan glycoprotein darah.
 
Di samping itu, koro pedang juga mengandung enzim urease yang dapat diekstrak dan bermanfaat bagi dunia farmasi sebagai reagen untuk menentukan konsentrasi urease dalam darah. Sumber Bahan Organik. Sebagai salah satu komoditas legum, kacang koro pedang sangat baik digunakan sebagai pupuk hijau. Biomas yang dihasilkan mampu mencapai 50 ton/ha, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman penutup tanah (cover crop). Selain itu kandungan unsur hara N, K, Ca dan Mg juga cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk men-yuburkan tanah.

Manfaat Kacang Nagara
  1. Sebagai campuran lauk pauk. Bahan Pangan Tradisional melalui fermentasi dan tanpa fermentasi.
  2. Hasil olahan melalui fermentasi antara lain tempe dan tauco, sedangkan tanpa fermentasi (tahu dan susu). Pengolahan kedua jenis pangan tersebut dilakukan sama seperti pengolahan pangan yang berbahan baku kedelai. Hasil olahan pangan baru dan modifikasi antara lain tepung, tepung komposit, pati, isolate dan konsentrat protein.
Manfaat Kacang Gude
  1. Digunakan sebagai komponen penutup tanah dan semak pada perkebunan jati dan padang rumput yang tidak tahan pada kekeringan.
  2. Sebagai pengganti kedelai atau bahan pencampur pada produk yang menggunakan bahan dasar kedelai (misalnya tempe dan kecap).
  3. Sebagai bahan pangan.
  4. Sebagai pelindung di pembibitan dan pencegah erosi.
  5. Hasil sampingannya untuk bahan bakar maupun makanan ternak
Manfaat Kacang Tunggak
  1. Di Afrika tanaman ini merupakan legum tropis dwi fungsi yang digunakan sebagai sayuran (daun dan bunga) dan bijinya sebagai bahan makanan dan pakan segar.
  2. Berpotensi tinggi sebagai pupuk hijau. Tanaman ini dapat dimasukkan kedalam tanah atau disebarkan dipermukaan tanah 8-10 minggu setelah tanam, dan dapat memberikan N setara dengan 80 kg N/ha bagi tanaman yang ditanam berikutnya.
Manfaat Kacang Merah
  1. Mencegah kolesterol dan memperlancar pencernaan (anti sembelit).
  2. Mencegah resiko diabetes karena kandungan karbohidrat kompleknya berglikemik indek rendah dan termasuk lamban cerna
  3. Membantu pematangan sel darah merah, membantu sintesa DNA dan RNA, serta menurunkan level homosistein dalam pembuluh arteri.
  4. Membantu program diet karena fibernya akan membuat kenyang dan kalorinya juga sangat rendah.
  5. Kandungan protein nabatinya bermanfaat untuk perkembangan massa otot tubuh.
  6. Membantu proses metabolisme asam amino, asam lemak, lipid, glukoneogenesis, sintesis neurotransmitter, sintesis histamine, sintesis dan fungsi haemoglobin serta menjaga kesehatan kulit dengan kandungan vitamin B6; Membantu proses pembekuan darah pada luka.
Manfaat Kacang Bogor
  1. Sebagai pembanding dengan susu kedelai, karena kacang bogor dapat digunakan untuk memproduksi susu.
  2. Sebagai bahan pangan. Contohnya di Afrika digunakan sebagai bahan untuk membuat bubur dan di Indonesia biji kacang bogor dapat dimakan sebagai camilan apabila direbus dengan air garam (biji dan polong muda dapat ditambahkan ke dalam sup pedas).
  3. Sebagai pakan ternak. Di Afrika tanaman ini merupakan legum tropis dwi fungsi yang digunakan sebagai sayuran (daun dan bunga) dan bijinya sebagai bahan makanan dan pakan segar.
Manfaat Kacang Koro Benguk
  1. Mampu mengurangi gejala tremor atau gemetar pada parkinson.
  2. Meningkatkan gairah seks pria bila menggunakan daun kara benguk yang sudah dikeringkan.
  3. Sebagai pengganti Viagra, digunakan oleh ahli farmasi dari Rumah Sakit Chao Phya Abhaibhubejhr di Prachinburi Thailand.
  4. Sebagai bahan makanan yang diolah menjadi tempe benguk.
  5. Sebagai bahan industri farmasi di Amerika Serikat. Contohnya merk kapsul ekstrak kara benguk yang paling popoler di AS, yakni Dopa Bean, yang dipasarkan oleh Solaray, Mucuna oleh Physician Formulas, Inc, dan L-Dopa oleh Unique Nutrition.
  6. Sebagai tanaman penutup dan pupuk hijau. Tanaman ini berfungsi untuk reklamasi tanah yang dipenuhi dengan rumput liar, terutama dengan Cynodon dactylon, Cyperus rotundus dan Imperata cylindrica.
  7. Sebagai obat. Getah dari batang digunakan untuk menghentikan pendarahan dari luka kecil
Manfaat Kacang Komak
  1. Sebagai bahan makanan. Komak muda yang biasanya dimasak sayur asam. Bagian yang dimasak adalah biji komak berikut kulitnya. Kulit komak turut dimasak karena berfungsi sebagai kaldu sayuran.
  2. Kacang komak juga dapat digunakan untuk bahan pembuatan kecap, makanan bayi. pembuatan tahu, tempe, tepung komposit, konsentrat atau isolat protein, serta bahan pangan fungsional
  3. Sebagai pangan alternatif pengganti kedelai yang saat ini harganya melambung, dengan kandungan gizi tidak jauh berbeda dan harga lebih murah. Susu komak dapat dijadikan sebagai minuman suplemen bagi penderita lactose intolerance.
  4. Sebagai obat karena mampu menurunkan kadar kolesterol/LDL, gula darah dan berfungsi sebagai antiolsidan. Di China, dimanfaatkan sebagai campuran obat kuat karena mengandung zat aprodisiak.
  5. Sebagai pupuk hijau dan tanaman penutup, untuk mengatasi penurunan kesuburan tanah dan digunakan sebagai spesies intercrop dengan jagung untuk memberikan yang lebih baik.
Manfaat Kacang Babi
  1. Sebagai tanaman pelindung untuk mengendalikan rodensia supaya tidak masuk ke kebun atau ladang (sawah).
  2. Sebagai jerami dan pupuk hijau.
  3. Sebagai tanaman lahan tandus (fallow crop) untuk meningkatkan kesuburan tanah dan biopesitida potensial.
  4. Secara tradisional, kacang babi telah digunakan untuk menangkap ikan di danau kecil atau sungai, sebagai bahan pelumpuh ikan (hingga ikan kemudian mengapung di permukaan air). Karena mengandung rotenone, yang dapat meracuni mamalia, ikan, serta berbagai jenis serangga.
  5. Sebagai obat untuk kesehatan ternak
  6. Untuk mengendalikan kutu (anjing, sarung/kasur), caplak, kutu hewan dan lalat.
  7. Digunakan sebagai penolak nyamuk, kecoa, dan kutu kasur. Untuk menolak nyamuk, kecoa, dan kutu kasur pada dinding rumah, terutama di sudut-sudut dan kaki furnitur, lumuri dengan batang kacang babi segar. (f)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar