Rekor Pelepasan Varietas Padi

Di awal tahun 2019, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) melepas varietas unggul baru (VUB) padi pada sidang pelepasan varietas tanaman pangan Rabu, 23/01/2019 di Hotel Salak Bogor.

Sidang pelepasan varietas yang dipimpin langsung oleh Ketua TP2V (Tim Penilai Pelepas Varietas) Dr. Ir. Maman Suherman menguji sebanyak 21 varietas padi yang diusulkan. Hasil sidang tersebut menyetujui 14 varietas padi yang lulus atau memenuhi syarat dari 21 varietas yang diusulkan. Kepala BB Padi (Dr. Priatna Sasmita) yang ikut hadir dalam sidang pelepasan tersebut menyampaikan bahwa “dalam sejarah BB Padi baru kali ini BB Padi melepas varietas sebanyak ini, walaupu yang lulus hanya 14 varietas” terang Priatna.

“Banyaknya varietas yang dilepas akan banyak pilihan varietas, sehingga memudahkan petani untuk melakukan pergiliran varietas. Semakin banyak varietas yang berdaya hasil tinggi dan adaptasinya luas, makin memudahkan diseminasi varietas. Terutama, untuk menunjang program pemerintah mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan petani.

Semua varietas yang dilepas mempunyai keunggulan, salah satunya adalah varietas yang lulus dan diberi nama BAROMA (Basmati Aromatik). Salah satu keunggulan varietas BAROMA dari pembandingnya yaitu BASMATI adalah potensi hasilnya dapat mencapai 9,18 t/ha sedangkan pembandingnya hanya 5,56 t/ha. Selain itu keunggulannya dapat ditanam di dataran rendah, tanpa menghilangkan ciri khas tipe basmati, sedangkan pembandingnya hanya bisa dibudidayakan di dataran tinggi.

Ditempat terpisah Kepala Puslitbang Tanaman Pangan (Dr. Ir. Moh. Ismail Wahab) menyampaikan “dengan bertambanya ragam varietas diharapkan masyarakat pengguna dapat memilih varietas padi yang sesuai dengan kondisi spesifik lokasi dan mampu mencapai target produksi yang diharapkan,” terang Ismail. (Uje/RTPH/AWA/HR)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar