BEKERJA di Kabupaten Indramayu

Mengawali tahun 2019, Puslitbang Tanaman Pangan kembali berpartisipasi melanjutkan program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) Kementerian Pertanian.

Rencana kegiatan BEKERJA akan menyalurkan bantuan Sejumlah 509.000 ekor bibit unggul ayam kampung unggul baru (KUB) yang disalurkan kepada 10.180 Rumah Tangga Miskin (RTM) yang tersebar di 31 Desa pada tiga kecamatan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yaitu Kecamatan Haurgeulis, Kecamatan Anjatan, dan Kecamatan Bongas. Selain bantuan ayam kampung unggul baru (KUB), setiap RTM penerima bantuan akan memperoleh juga bantuan pakan ternak ayam selama 4 bulan masa pendampingan dan bantuan modal pembuatan kandang sebesar Rp. 500.000 per KK RTM.

Program BEKERJA merupakan program lanjutan tahun 2018, dengan tujuan utamanya adalah untuk mendiseminasikan inovasi hasil penelitian bibit unggul KUB serta memasyarakatkan inovasi teknologi pertanian. keunggulan dari ayam kampung baru adalah Ayam Kampung Jawa Super yang merupakan hasil kawin silang antara indukan jantan Ayam Kampung/Ayam Jawa asli dengan indukan betina dari ayam jenis lain.

Berkaitan dengan program bantuan, maka sasaran utama penerima bantuan adalah RTM penerima bantuan didasarkan atas data dari Keputusan Menteri Sosial Nomor 57 Tahun 2017. Sehingga tahun 2019 penerima bantuan akan lebih selektif, karena ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menerima bantuan tersebut.
Disela-sela kesibukannya, Kepala Puslitbang Tanaman Pangan (Dr. Ir. Moh. Ismail Wahab) memaparkan bahwa “adanya Program BEKERJA ini dalam rangka mengentaskan kemiskinan”, lanjutnya “diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan daya beli rumah tangga miskin (RTM) yang bekerja mengentaskan kemiskinan, terutama RTM yang bekerja di sektor pertanian maupun informal di pedesaan”, papar Ismail.

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar