Sosialisasi Aplikasi Perhitungan Analisis Beban Kerja (ABK)

Bertempat di ruang rapat gedung CAPSA lantai II, pada hari Jum’at, tanggal 2 November 2018, Kabag Organisasi, Biro Kepegawaian, Kementerian Pertanian melakukan sosialisasi mengenai aplikasi untuk menghitung analisis beban kerja (ABK) pegawai Puslitbang Tanaman Pangan. Tujuan umum dari menghitung ABK yaitu adalah untuk mengetahui efisiensi penggunaan tenaga kerja  di dalam organisasi. Pada pemaparannya, Bapak Kabag Organisasi menghimbau kepada para UK/UPT agar benar-benar dengan serius menghitung ABK, guna mengidentifikasi kebutuhan atau kelebihan tenaga kerja di masing-masing instansi tempat mengabdi.

Aplikasi perhitungan ABK dapat diakses online melalui alamat https://s.id/abkonline, namun pada aplikasi tersebut dibutuhkan username dan password spesifik untuk dapat diakses. Selain itu, username dan password tersebut diberikan terbatas hanya untuk 3 bagian di unit kerja Puslitbangtan (Bagian Tata Usaha, Bagian KSPHP, dan Bagian Program & Evaluasi). Sedangkan, untuk UPT di bawah Puslitbangtan, username dan password akan diberikan dan disesuaikan dengan kebutuhan organisasi masing-masing. Perhitungan ABK didasarkan kepada standar operasional prosedur (SOP) yang telah disusun oleh masing-masing UK/UPT sesuai tugas pokok dan fungsi organisasi. Apabila UK/UPT diberikan mandat pekerjaan tambahan diluar tugas pokok dan fungsi organisasi, maka tugas tambahan tersebut dapat dikerjakan, dengan pertimbangan tidak melebihi jumlah jam kerja pekerjaan pokok.

Dengan adanya aplikasi perhitungan ABK ini, diharapkan kedepannya perekrutan tenaga ASN di lingkup Kementerian Pertanian akan mendekati efisien dan efektif. Selain itu, bagi instansi yang teridentifikasi memiliki surplus pegawai, dimungkinkan bagi pegawainya untuk mutasi ke unit kerja yang membutuhkan pegawai. (EDA/FZP)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar