Indonesia Science Expo (ISE) 2018

Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, berlangsung sejak 1-4 November 2018, diadakan kegiatan ISE ke tiga yang merupakan kegiatan ilmiah berskala nasional yang diselenggarakan oleh LIPI. Tema tahun 2018 "Celebrating Science and Innovation". Acara ini dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi dimana dalam sambutannya Presiden menyampaikan bahwa tidak ada yang paling relevan untuk menghadapi tantangan kehidupan kecuali lembaga penelitian. Bawasannya segala keterbatasan serta ketidakmungkinan hanya bisa diterobos oleh ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi. Hal inilah yang akan membuat Bangsa Indonesia Maju. Kegiatan ISE kali ini diisi dengan beragam kegiatan misalnya konferensi ilmiah, science show, science art, science movie, scence games, talkshow, workshop, dan kuliah populer.

Kegiatan ISE 2018 merupakan event yang menampilkan hasil riset karya anak bangsa sebagai sumbangsih terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Balitbangtan hadir pada acara ini dengan beragam inovasi teknologi antara lain beragam varietas unggul tanaman pangan, perkebunan, dan hortikultura. Autonomous tractor menjadi salah satu inovasi teknologi unggul yang ditampilkan serta teknologi peternakan lainnya. Puslitbang Tanaman Pangan hadir dan menampilkan berbagai inovasi teknologi, antara lain varietas jagung tongkol dua Nasa 29, jagung Srikandi Ungu, varietas padi gogo Inpago 8, 9 dan 10. Selain itu ditampilkan juga beras merah Inpari 24, beras hitam lokal, beras sosoh Siantanur, beras Japonica Tarabas. Juga ditampilkan berbagai varietas kacang-kacangan dan sorgum serta produk olahan sorgum. Varietas kacang-kacangan dan produk sorgum mendapat perhatian dan antusiasme pengunjung.

Semoga dengan ISE ke tiga ini akan dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat ilmu pengerahuan dan teknologi terutama inovasi teknologi pertanian karya peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. (RH)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar