Tingkatkan LTT untuk Menghindari Paceklik

Kementan terus menggenjot produktivitas sektor pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan menjadi lumbung pangan dunia pada 2045. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk yang menyebabkan ketergantungan yang tinggi akan kebutuhan tanaman pangan khususnya beras, maka Luas Tambah Tanam (LTT) padi harus terus meningkat.

Menurut Menteri Pertanian pada saat memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) lingkup Kementerian Pertanian (02/10/2018) disampaikan bahwa LTT merupakan rumus jitu untuk menghindari paceklik di Indonesia, rumus yang selama ini ia gunakan adalah luas tanam padi setiap bulannnya tidak boleh di bawah satu juta hektare. Penanaman di bawah standar ambang batas dinilai berisiko tidak dapat memenuhi kebutuhan beras masyarakat, ujar Mentan.

Capaian tentang LTT padi lebih rinci disampaikan oleh Ditjen Tanaman Pangan bahwa Luas Tambah Tanam (LTT) September 2018 mencapai 1.502.836 hektar. Capaian tersebut merupakan tertinggi dalam sejarah luas tanam bulan September yang umumnya hanya 500 ribu-600 ribu hektar. Tahun lalu Capaian LTT September 2017 hanya sebesar 1.107.340 hektar, tahun ini LTT September 2018 tersebut lebih tinggi 395.496 hektar (35,72%).

Atas capaian tersebut Mentan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berusaha keras mencapai target LTT dimasing-masing provinsi. (UJE)

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar