Inovasi Teknologi Untuk Peningkatan Produktivitas

Spekta Horti 2018 merupakan ajang terbesar yang diselenggarakan oleh Badan Litbang Pertanian untuk mendukung percepatan diseminasi yang menampilkan inovasi teknologi hortikultura berbasis teknologi. Mengangkat tema “Benih Hortikultura untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Pengentasan Kemiskinan”, acara yang berlangsung mulai 20-23 September 2018 di Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), Lembang dibuka secara resmi oleh Menteri Pertanian RI Dr. Amran Sulaiman dan dihadiri oleh pengusaha serta petani di bidang hortikultura.

Dalam sambutannya Mentan Amran Sulaiman menjelaskan bahwa ekspor di bidang pertanian merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus meningkatkan devisa negara. Lebih dari itu, ia menambahkan bahwa ke depannya Kementerian Pertanian akan mendorong pula dilakukannya investasi agar pertumbuhan ekonomi di Indonesia meningkat. Sehingga, melalui event Spekta Horti 2018 ini diharapkan paket inovasi teknologi terkini dapat adopsi oleh petani untuk mengurangi ketergantungan impor.

Terkait tema, Badan Litbang Pertanian telah banyak menghasilkan teknologi inovasi dengan tujuan meningkatkan pendapatan petani untuk pengentasan kemiskinan. Salah satunya adalah inovasi tumpang sari. Inovasi ini menggunakan teknik penanaman, pemupukan, dan penggunaan varietas unggul baru. Pola tumpang sari sudah lama dikenal oleh petani dan dilakukan secara turun menurun. Namun, karena petani terus-menerus menggunakan varietas lokal serta jarak tanam yang belum sesuai, maka hasilnya kurang maksimal. Praktis, banyak petani yang kembali ke pola tanam monokultur

Menyikapi hal tersebut, Kepala Puslitbangtan, Dr. Ir. Moh. Ismail Wahab mengatakan bahwa jagung dan cabai bisa ditumpangsarikan di lahan yang sama. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan harus menggunakan varietas unggul baru, pola tanam, dan pemupukan  yang sesuai. Sehingga, selain menguntungkan, pola tanam tumpang sari ini efisien dalam penggunaan unsur hara (UJE/HRY).

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar